close
Galeri

Pendaftaran (ulang) Anggota Satupena

WhatsApp Image 2017-11-17 at 16.23.44

Mengingat makin banyaknya minat publik untuk menjadi anggota, sekaligus bagian dari proses administratif pasca Kongres I Satupena di Solo pada awal 2017 yang lalu, maka dengan ini kami para pengurus mengimbau kepada rekan-rekan untuk mendaftar ulang keanggotaannya. Dengan pendaftaran ulang ini diharapkan Satupena memiliki data mutakhir yang jelas dan terarah.

Dipersilakan semua anggota yang ada dalam WAG SATUPENA INDONESIA untuk mendaftar sebagai anggota reguler. Setelah mendaftar Anda dianggap telah mendapat hak dan kewajiban yang sama, misalnya untuk berbagai kepentingan individual maupun institusional, termasuk sebagai rekomendator anggota baru selanjutnya.

Berikut syarat-syarat keanggotaan Perkumpulan Penulis Indonesia (SATUPENA):
1. Warga Negara Indonesia, baik yang tinggal di dalam dan di luar negeri. Penulis warga negara asing dapat menjadi anggota khusus sesuai syarat yang diberlakukan dalam akte notaris.
2. Telah menulis setidaknya 1 (satu) buku ber-ISBN dan/atau menulis setidaknya 2 (dua) artikel, esai, karya sastra di media massa nasional dan/atau menerbitkan tulisan akademik di jurnal dengan ISSN dan/atau yang terakreditasi.
3. Melampirkan salinan cover dan sinopsis buku dan/atau artikel yang dimaksud pada poin nomor 2. Lampiran dapat berupa salinan soft copy yang dikirim ke surel pengurus dan/atau tautan kepada buku dan/atau artikel yang dimaksud.
4. Bagi penulis media daring harus dapat menunjukan konsistensi produktivitas sedikitnya menulis 12 artikel publik dalam 12 bulan.
5. Mendapat rekomendasi dari 3 anggota Satupena.
6. Bersedia menjadi anggota dengan memenuhi berbagai syarat dan menyetujui visi misi organisasi.
7. Mengisi dan melengkapi formulir keanggotaan yang telah disiapkan oleh organisasi, secara online yakni pada alamat http://bit.ly/PENDAFTARAN-SATUPENA atau mengirimnya ke alamat email Satupena: perkumpulansatupena@gmail.com
8. Membayar iuran keanggotaan sebesar Rp200.000,00 per tahun. Iuran langsung ditransfer ke: Bank BII no rekening 2 596 003 855 – a.n. Satupena.

Setiap anggota berhak dan berkewajiban atas hal-hal sebagai berikut:
1. Informasi terbaru asosiasi.
2. Mendapat Perlindungan Hukum dari Asosiasi, selama tidak melanggar hukum negara Republik Indonesia dan/atau melanggar norma kesusilaan.
3. Kartu Tanda Anggota dan pin keanggotaan.
4. Mengikuti program/kegiatan asosiasi (pendidikan, latihan, muhibah, book fair, dll. atas nama asosiasi).
5. Berhak mendapat rekomendasi yang bersifat organisasional untuk keperluan yang masing-masing personal dalam konteks penulisan, baik ke luar negeri maupun ke forum-forum kepenulisan.
6. Mendapat keuntungan usaha yang dilakukan oleh asosiasi yang dikelola oleh divisi usaha/ koperasi.
7. Berhak menjadi tim khusus atau representasi asosiasi dalam hal-hal atau isu-isu yang sedang kontekstual (misalnya soal pajak, persekusi, hoax news dan lain lain)
8. Menjunjung kode etik Satupena.
9. Bagi anggota yang belum memiliki BPJS Kesehatan, Pengurus Satupena dapat memediasi keikutsertaan bersama dengan BEKRAF dengan pembayaran premium yang lebih murah.
Segala hak anggota akan diberlakukan setelah melunasi iuran keanggotaaan.

Jakarta, 20 November 2017
Atas nama Pengurus Pusat Satupena
Ketua Umum Satupena
Bendahara Umum
Sekretaris Umum I & II

Editor Litera

The author Editor Litera

Leave a Response