close
Galeri

Mengunjungi Komunitas Literasi di Kota Hujan

WhatsApp Image 2017-11-25 at 03.29.09

Kali ini, tim Majalah Litera melakukan perjalanan ke Kota Bogor nan sejuk untuk mengenal komunitas literasi yang hidup di kota mungil yang penuh pesona itu!

 

Pada hari Sabtu, 25 November 2017 kami hadir dalam rangka undangan mengupas buku terbaru sekaligus personal essay perdana karya Nur Utami, Berbagi Ruang. Acara digelar sore hari di Warung Hitz di Jalan Pajajaran, bersama komunitas Ngopi Buku: Menyoal Buku Sambil Ngopi. Ternyata komunitas ini telah rutin berkumpul, menyesap kopi legendaris Bogor, Liong Bulan, sambil membahas mengenai buku-buku terbaru. Dan betapa cocoknya kopi dan buku!

Redaktur Puisi Majalah Litera, Dedy Tri Riyadi, berbagi mengenai ‘bobot’ tersendiri yang terkandung dalam rangkaian tulisan-tulisan keseharian Utami; dalam tuturannya yang sederhana, terkandung ilmu-ilmu yang bernas! Membaca buku terasa seperti kuliah Komunikasi beberapa SKS. Sangat terasa kekayaan ilmu Nur Utami, yang dengan murah hati itu amalkan dan bagikan pada masyarakat dalam bahasa yang mudah dikunyah, bahkan oleh pembaca paling awam sekalipun.

Redaktur Online Majalah Litera, Olivia Elena Hakim, mengekspresikan apresiasinya atas Nur Utami yang percaya pada proses, dimana buku ini merupakan kumpulan tulisan selama bertahun-tahun. Di era digital, karya literasi yang hadir dalam kemasan tercetak masih memiliki pesona dan kualitas tersendiri karena tidak instan. Bergizi, seperti slow-cooking.

Acara ditutup dengan diskusi, tanya-jawab dan ramah-tamah ditemani hidangan yang lezat sementara semilir angin Kota Bogor makin terasa. Kebersamaan yang indah! Sampai berjumpa di event Ngopi Buku berikutnya, yang akan membahas antologi puisi Kang Dedy Tri Riyadi, Berlatih Solmisasi. 

 

Editor Litera

The author Editor Litera

Leave a Response