close
Serba-Serbi

Ketika Siswa SMP Meresensi Buku

Inferno karangan Dan Brown,” tukas Rio, siswa kelas 7 SMPK 7 Penabur.  Ia menjawab pertanyaan buku apa yang sudah dibacanya untuk diresensi hari itu. Hebatnya, buku setebal 602 halaman itu, dalam bahasa Inggris. Ia pun fasih menjelaskan istilah cliffhanger dan twist, yang menurutnya banyak ditemui di buku.

Tidak hanya Rio yang membaca dalam bahasa Inggris. Beberapa siswa yang mengikuti pelatihan pagi itu, pun sama. Sayangnya, Rio mengalami kesulitan saat menulis dalam bahasa Indonesia. Dia mengaku lebih mudah menulis dalam bahasa Inggris. Memang sejak playgroup, ia disekolahkan di sekolah berbahasa Inggris oleh orangtuanya.

Pelatihan menulis resensi buku kerjasama Litera.id dan SMPK 1 ini dihadiri 53 siswa dari 15 sekolah berbendera Penabur. Murid yang berkisar usia antara 13-14 tahun itu mengaku membaca di waktu luang mereka. Seorang pustakawan pendamping siswa hari itu mengaku anak-anak di sekolahnya memang suka membaca buku.

“Sekolah memberi jatah Rp2,5 juta untuk beli buku baru per bulan. Tapi harga buku sekarang mahal. Uang segitu paling dapat beberapa buku. Padahal anak-anak perlu banyak buku baru dalam sebulan. Asal perpustakaan ada buku baru dan kita rajin-rajin memberitahu isi buku, siswa suka kok membaca,” tambahnya.

Tiga buku karangan Tereliye yang tampil diresensi adalah Bintang (380 hal), Hujan (320 hal) dan Bumi (440 hal). Juga novel  lawas yang diterbitkan ulang, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka (236 hal). Buku Raditya Dika, penulis favorit kebanyakan siswa, yang diresensi adalah Ubur-ubur Lembur (232 hal). Juga buku yang ceritanya sedang tren sekarang Mile “Suara dari Dilan” karya Pigi Baiq(360 hal). Buku-buku lain adalah novel remaja populer dan buku terjemahan beragam topik.

Berikut  sepuluh resensi siswa (bukan berdasarkan ranking) tentang buku yang mereka baca. Ditulis tangan dalam waktu sekitar 30 menit, di kelas. Penyelenggara kegiatan ini adalah SMPK 1 Penabur yang sedang berpameran entrepreneurship, yang mengundang Litera.id untuk melakukan pelatihan menulis resensi buku dan menulis puisi.  (is/maret/2018)

 

 

 

No Nama/Sekolah Keterangan Buku Tulisan Resensi Buku
1. Weilina C/8A SMPK 2 The After Dinner Mysteries

Higashigawa Tokuya

Penerbit Haru

Cetakan Feb 2014

291 hal

Pelayan Atau Detektif?

Bagaimana biasa ada mayat bersepatu bot di kamar apartmen? Bagaimana bisa ada racun di dalam botol anggur yang masih tertutup rapat? Kedua hal tersebut adalah sesuatu yang terdengar mustahil. Namun, seorang pelayan dapat menyingkap trik di balik itu semua.

Seorang petugas polisi seharusnya mempunyai daya pikir yang lebih dan pelayan adalah seorang yang tidak berpendidikan dan bodoh. Namun, nampaknya hal itu tidak berlalu bagi Hosho Reiko dan pelayannya, Kageyama.

Reiko yang baru-baru ini menjadi penyelidik di kepolisian Kunitachi sudah menghadapi kasus-kasus yang rumit. Semuanya terlihat tidak masuk akal. Namun, pelayannya itu justru mengejeknya habis-habisan. Semua itu harus ditelah Reiko bulat-bulat karena hanya Kageyama yang bisa membuat kasus yang mustahil menjadi pasti.

Buku kumpulan cerpen komedi detektif ini memuat tujuh kasus yang sangat menarik sekaligus terlihat tidak masuk akal. Trik yang terkandung di dalamnya benar-benar tidak terpikirkan dan mind blown. Meskipun buku ini adalah cerita detektif, Higashigawa Tokuya berhasil membawakannya dengan simple dan lucu. Namun, banyak istilah dalam Bahasa Jepang yang sulit dipahami. Belum lagi ada beberapa bagian pemecahan kasus yang dirasa mustahil. Meskipun begitu, buku ini mendatangkan banyak pengetahuan baru dan cocok dengan penggemar misteri komedi.

2. Cherry P4/8F/8 Ruby Red

Krestin Crier

Elex Media

312

Misteri

 

Menjelajahi waktu tidak seperti yang kita bayangkan. Pada realitas, menjelajah waktu berbahaya dan melelahkan. Jika bisa memilih, Gwendolyn tidak ingin menjadi penerus dalam hal ini. Dia hanya menginginkan hidup yang sederhana. Namun, darah yang ia bawa sejak lahir adalah darah seorang penjelajah waktu.

 

Tanpa terduga, Gwendolyn terlembar ke era yang berbeda tanpa persiapan. Di masa lalu, orang memandangnya dengan aneh dari cara berpakaiannya. Mereka bahkan ingin memburunya karena menganggap dia seorang penyihir. Kini dia harus menjalani kewajibannya sebagai seorang penjelajah waktu. Menyamar dan sekaligus menjalani misi-misi yang diberikan. Bersama dengan Gideon, penjelajah waktu dari keluarga dengan garis keturunan laki-laki, Gwendolyn harus mengungkapkan misteri tentang tokoh-tokoh di sekitar mereka.
Kerstin Gier telah merancang bukunya dengan imajinasi yang luar biasa. Dia berhasil membuat pembaca penasaran dengan misteri-misteri yang ada di bukunya. Dia mampu membuat pembaca merasakan pengalaman emosional yang sangat kuat dalam cerita ini. Cara dia mengilustrasikan suasana mampu membuat kita bervisualisasi seperti sedang berada di dalam dunianya itu. Namun, permasalahan yang kompleks dalam buku ini sukar dipahami. Tokoh-tokoh yang terlibat juga berlebihan sehingga menimbulkan perasaan bingung dan terkadang terlupa identitasnya. Secara umum, novel Ruby Red sangat menghibur dan mengesankan.

3. Tito Tobing/8A/28 Percy Jackson: The Last Olympion (Novel Grafis)

Rick Riordan

381 hal

Dapatkah kau melawan babi Terbang?

 

Terbangun di pagi hari sebagai “anak dewa” bukanlah hal yang menyenangkan bagi Percy Jackson. Ketika kita berandai untuk memiliki ayah atau ibu seorang dewa, tentu kita berpikir kita akan dipuja dan dilayani selayaknya seorang raja. Namun tidak seperti itu nyatanya para blasteran –setengah dewa setengah manusia – harus menjalani hidup yang penuh rteror, termasuk Percy sendiri. Dendam kesumat para titan dilampiaskan dengan kembalinya kronos –raja para titan. Terjangan dan bentak amarah serta perang angkasa yang berkecamuk membuat kehidupan manusia harus menghadapi kesudahakannya.

 

Tinggal bergantung pada Percy Jackson dan pasukan blasterannya untuk menjadi penyelamai dunia atau malah menjadi awal kehancuran manusia. Lagipula masalah dengan para babi terbang saja belum selesai pula.

 

Cara sang penulis, Rick Riordan mengangkat cerita sangat antimainstream. Penggunaan bahasa yang “dekat” dengan hidup orang zaman sekarang membuat buku ini sangat mudah dimengerti dan dibaca. Saya sebagai pembaca juga merasa nyaman saat membaca. Penggunaan diksi dalam buku ini begitu bagus dan membuat pembaca terpana. Dengan adanya plot twist juga membuat buku ini semakin menarik untuk dibaca dan dinikmati.

4. Stefanie Thamrin/8C, SMPK 1 Second Heart

Luna Torashyngu

PT GPU

Januari 2016

352 hal

Penyelamatan Sang Putri

Kabar penyanderaan SMAN 123, sekolah sang putri Presiden, menggemparkan rakyat Indonesia. Penyanderaan yang dilakukan oleh sebuah kelompok tak dikenal bernama Neo Indonesian State. Bertujuan untuk menggulingkan kekuasaan kursi pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Hediyono. Melibatkan sang putri dan teman-teman ke dalam bahasa, upaya penyelamatkan diperintahkan langsung dari Presiden Hediyono.

Dipimpin oleh Jatayu, pasukan pengamanan putra dan putri Presiden dan wakil Presiden. Bersama kopassus, kepolisian, dan Tim Densus 99 menyusun strategi upaya penyelamatan putri presiden dan anggota sekolah SMAN 123. Andra sebagai pengawal Jatayu Tiara ikut menyelamatkan sebagai perwakilan dari Jatayu. Terjadi baku tembak antara pihak penyandera dengan pihak penyelamatan.

Cerita ini berakhir di mana terselamatkannya sang putri dan seluruh teman-temannya.

Buku ini merupakan hasil karya penulis yang imajinatif dan kreatif. Membuat para pembaca tenggelam dalam cerita. Sang Penulis menyertakan berbagai info tentang militer, pasukan pengawal hingga politik yang jarang kita ketahui. Cerita yang seru dan mengagumkan ini cocok untuk semua kalangan usia baik anak-anak maupun orangtua. Cerita yang imaginatif, cocok untuk mengisi waktu luang serta kaver dikemas dengan apik, bisa dibawa ke mana saja.

5. Santasila Bryan Kusno/8A/27 Menaburkan Benih Kebahagiaan

Shih Cheng Yen

301 halaman

2013

Resensi Buku

Jika buku merupakan jendela dunia,maka buku Menaburkan Benih Kebahagiaan” merupakan buku yang membuka jendela kehidupan kita sebagai seorang remaja. Masa remaja pasti dilalui oleh setiap orang, baik kaya atau pun miskin. Penulis buku ini memberikan doa bagi generasi muda yang terbagi dalam 12 bagian, dengan harapan agar para generasi muda dapat mengerti dan menerakpkan pola hidup bersumbangsih. Shih Cheng Yen merupakan seorang biksuni dan pendidi Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah menerima banyak penghargaan di bidang humanis.

Pada buku ini kita diajarkan untuk menanamkan cinta kasih universal dalam pribadi masing-masing. Bab yang paling saya minati adalah “Berebut Waku”, tidak mengenang masa lalu, begitu juga tidak membayangkan masa depan. Masa lalu adalah tumpulan dari pikiran yang kacau, sedangkan masa depan adalah angan-angan. Berharap agar setiap orang dapat melewati saat ini dengan sungguh-sungguh. Ilustrasi yang diberikan merupakan realitas dalam  kehidupan sehari-hari kita.

Buku ini menggunakan bahasa yang baku dan kalimatnya mudah dimengerti. Buku ini sukses membuka hati si pembaca karena kata-kata yang digunakan memiliki arti yang dalam. Di setiap bab buku ini diberikan ilustrasi yang sesuai dengan judul bab. Saya merekomedasikan buku ini agar dibaca oleh para remaja karena buku ini dapat memjawab semua pertanyaan tentang kehidupan. Secara keseluruhan penulisan buku ini sudah sukses membekan pencerahan bagi saya.

6. Geoffrey Antonio A/7C/II/SMPK 7 Student Hidjo

Mas Marco Kartodikromo

2018

Ulasan Buku

Novel karya Mas Marco Kartodikromo ini menceritakan tentang kisah kehidupan seorang Radhen Hidjo, dari awal anak-anak, remaja, hingga masa di mana ia harus meninggalkan ibu dan kekasihnya untuk sekolah insinyur di Belanda. Meskipun dilema melanda hatinya, ia tetap berangkat ke Hindia Belanda dengan sedih dan sedikit terpukul. Ayahnya, Raden Potronojo yang merupakan seorang saudagar, mengirimnya ke Belanda agar dengan tujuan keluarganya tidak diremehkan oleh pegawai-pegawai Gouverment Belanda. Perjalanannya menuju Belanda ditemani oleh guru HBS, dengan menggunakan Kapal Api Gunung.

Banyak kisah yang dialaminya di Belanda. Mulai dari awal perjalanannya menuju Belanda, kisah percintaan, hingga akhirnya ia berhasil menyelesaikan sekolah insinyurnya di Belanda. Menurut observasi saya, buku ini sangat menarik untuk dibaca karena menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dan diserapi oleh siapa pun pembacanya. Hanya saja, buku ini menggunakan beberapa istilah Jawa atau Belanda yang sulit untuk dimengerti karena tidak ada bagian glosariumnya.

Akhir kata, saya ingin menyampaikan pendapat untuk buku ini. Menurut saya, buku ini sangat menarik untuk dibaca karena isinya yang menarik. Menarik dalam arti walau kisah ini bertemakan sejarah tidak menjadi alasan untuk tidak membaca buku ini karena isi dari buku ini juga mengandung kisah romantis yang pernah dialami tokoh dalam kehidupannya. Dengan harga yang cukup terjangkau, buku ini dapat dibeli oleh semua kalangan/lapisan masyarakat (atas, menengah maupun bawah).

7. Derren M 8D/8/SMPK 1 The School for Good and Evil

Sophie Carson

Fantasi

Ringkasan

Sophie dan Agatha adalah dua sahabat dengan karakter yang bertolak belakang. Mereka tinggal di sebuah desa dengan sebuah legenda tentang sebuah sekolah untuk yang baik dan yang jahat. Setiap empat tahun kepala sekolah itu menculik dua orang anak, yang satu baik dan yang satu jahat. Mereka akan diajarkan cara-cara untuk menjadi seorang pahlawan atau seorang penjahat. Sophie yang berparas cantik dan selalu terlihat baik tampak cocok untuk bersekolah di sekolah untuk yang baik dan Agatha yang berparas buruk dan bermata kantung tampak cocok untuk bersekolah di sekolah untuk yang jahat.

Suatu hari mereka berdua diculik kepala sekolah. Namun Agatha terdampar di sekolah untuk yang baik dan Sophie di sekolah untuk yang jahat. Berbagai konflik pun menimpa mereka dan menunjukkan diri mereka yang sebenarnya. Persahabatan mereka diuji dan walau mereka ingin kembali ke rumah, satu-satunya jalan keluar melalui sebuah dongeng. Sementara mereka berdua menjalani hidup baru mereka, sebuah figur tersenyum dengan misterius sambil mengawasi mereka berdua.

Novel ini adalah sebuah karya hebat! Ceritanya disajikan dengan sangat baik. Alur ceritanya menegangkan dan sulit ditebak. Konflik yang dialami tokoh sangat rumit dan menarik. Membaca buku ini membuat kita seakan-akan berada di dalam novel itu. Saya memberi buku ini nilai sembilan dari sepuluh karena cerita yang ditawarkan dan berbagai kelebihan yang dimiliki novel ini.

8. Nathan J/SMPK 4 Surat Kecil untuk Tuhan

Agnes Daronar

Falcon Publishing

214 halaman

Kemanusiaan

Setiap orang pasti memiliki batas untuk melakukan sesuatu yaitu yang baik ataupun jahat. Tindakan kejahatan manusia dibatasi oleh dosa yang seringkali dihindari. Tetapi tidak sedikit juga orang yang bisa melakukan kejahtan seperti cerita dalam buku ini.

Cerita ini dimulai dari kisah kakak beradik yang bernama Anton dan Angel. Orangtua mereka meninggal oleh kecelakaan sehingga mereka harus tinggal bersama anak-anak yatim piatu lainnya dengan seorang bernama Om Rudy. Diam-diam Om Rudy memiliki niat jahat tersembunyi yaitu menjual organ tubuh anak-anak yatim piatu kepada pasar gelap. Perjalanan kisah hidup mereka masih panjang dan sayang jika tidak membaca buku ini.

Buku ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang menginspirasi pembaca untuk tidak mudah percaya kepada orang lain yang belum pernah kita temui atau lihat. Sangat bermanfaat untuk dibaca oleh semua umur karena tidak ada kata-kata yang sulit dimengerti. Menurut saya kekurangannya hanya satu yaitu buku ini tidak bergambar sehingga sulit untuk memahami kejadian sebenarnya tetapi semoga keseluruhan sudah baik dan direkomendasikan untuk membaca buku ini sampai akhir cerita.

9. Grace Aletta Ruth/SMPK Penabur Depok Ayah

Andrea Hirata

Mizan

396 hal

Kasih sayang seorang ayah

Kasih sayang dari seorang ayah memang tidak terbatas. Dalam buku ini kita akan mengetahui perjuangan seorang ayah dalam mencari anaknya yang hilang. Buki ini dapat membuat kita menyadari betapa besarnya peran seorang ayah dalam hidup kita. Cerita yang ditampilkan oleh Andrea Hirata pun mengambil kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, jadi pembaca dapat membayangkan dengan mudah.

Andrea Hirata pun sebagai penulis telah berhasil menggambarkan citraan seorang ayah dengan baik. Alur dalam buku ini pun sulit ditebak karena itulah para pembaca akan dibuat ingin membaca lagi. Alur yang digunakan juga maju-mundur jadi kita harus membaca  seluruh isi cerita agar mengerti intinya. Namun kekurangan dalam buku ini adalah ada banyak kata yang tidak umum untuk diucapkan, jadinya ada beberapa bagian yang hanya sedikit orang yang mengerti.

Di dalam buku ini adalah banyak konflik. Jadi kita akan terpengaruh untuk membaca buku ini sampai selesai. Pikiran pembaca seakan diputar-putar oleh sang penulis. Namun secara keseluruhan buku ini sangat disarankan karena perasaan kita saat membaca buku ini dapat diputar-putar dan sangat bagus dalam mengisi waktu luang.

10. Debby/7C/SMPK TMP1 Keluarga Tak Kasat Mata

Bonaventura Genta

118 hal

Ringkasan

Bertemu dan melihat hantu bukanlah hal yang menyenangkan. Inilah yang dialami Genda dan teman-teman satu kantornya. Melihat dan mengalami keusilan hantu-hantu telah menjadi kebiasaan sehari-hari mereka di kantor. Mereka melihat hantu dari umur paling kecil hingga lanjut usia.

Mereka mengalami hal-hal supernatural di berbagai tempat. Dimulai dari kamar mandi, ruang kerja, ruang tamu, lorong, gudang hingga ke halaman depan dan tengah. Dan lebih mengesalkan lagi, mereka bertemu dengan lebih dari satu macam makhluk. Dimulai dari anak kecil, nenek berkerudung, dan lain-lain.

Mereka pun mencari kebenaran salah satu makhluk gaib yang dinamakan “si boss” atau Langgeng. Di perjalanan mereka untuk mencari kebenaran Langgeng, mereka juga dengan tidak sengaja mengungkapkan kebenaran dari makhluk lain yang telah mereka temui. Dan terjadi perdebatan tentang kebenaran Langgeng.

11. Jea A/PKJ 8B The Kill Order (2012)

James Dashner

Mizan

426 halaman

Petualangan

The Kill Order merupakan sebuah novel karya James Dashner, penulis asal Georgia. Novel ini merupakan prequel dari seri the maze runner. Bercerita tentang ledakan sinar matahari yang mengakibatkan virus flare menyebar. Flare adalah virus yang menyerang dan memakan otak.

Mark, Trina, Lana, dan Alex adalah tokoh utama dari novel ini. Mereka berpetualang mencari asal-usul virus tersebut. Mereka mengalami banyak hal, seperti Mark dan Alex berpisah dengan Trina dan Lana. Tak disangkat, jawaban yang dicari mereka akhirnya terjawab. Virus flare disebarkan oleh KPF (Koalisi Pasca Flare) di bawah tangan pemerintah untuk mengendalikan populasi manusia.

Novel ini memiliki alur yang menarik, tidak bisa ditebak. Bahasanya juga mudah dipahami. Buku ini juga cukup mengejutkan. Bagaimana bisa sebuah pemerintah menyebarkan virus tersebut kepada rakyatnya. Kekurangan buku ini adalah sadisnya cara pembunuhan Mark saat melawan pasukan KPF, sehingga tidak cocok untuk dibaca kalangan anak-anak.

Editor Litera

The author Editor Litera

1 Comment

Leave a Response