close
Ayu Utami

Ayu Utami mendapat penghargaan dalam dan luar negeri untuk karya sastranya, antara lain Prince Claus Award dari Belanda. Novel pertamanya, Saman (1998), terus dicetak hingga kini dan telah diterbitan ke dalam 10 bahasa asing. Beberapa novelnya antara lain Larung dan Bilangan Fu, juga telah diterbitkan dalam bahasa asing. Ayu pernah menjadi wartawan dan kini adalah direktur Literature & Ideas Festival (LIFEs) yang diadakan di Komunitas Salihara setiap Oktober.
Di Festival Sastra & Rupa Kristiani 2018, Ayu akan tampil dalam dua kesempatan.
Pertama, Ayu akan berbincang Spiritualisme Kritis, konsep yang pertama kali ditulisnya dalam novel Bilangan Fu 2008. Setelah itu, ia turunkan dalam pelbagai buku, antara lain Seri Spiritualisme Kritis dan Menulis & Berpikir Kreatif cara Spiritualisme Kritis. Secara sederhana, konsep ini merujuk pada sikap spiritual yang tidak mengkhianati nalar kritis. Tapi, secara khusus Ayu mengkonseptualisasikannya dalam pengalaman spiritual dan intelektual Nusantara.
Kedua, khusus untuk para pendidik, Ayu akan bicara soal Peta Sastra Kebangsaan. Menurutnya, mengajarkan kekayaan intelektual dan kebhinekaan bangsa kepada siswa sekolah dapat melalui pelajaran sastra Indonesia. Karya tulis dari era Kartini hingga sekarang dapat dibaca sebagai sejarah pemikiran kebangsaan. Ayu menawarkan sebuah sistem sederhana untuk mengajak siswa membaca dalam kelompok supaya mudah memahami sejarah pemikiran kebangsaan yang kaya—bahkan hanya dengan satu murid membaca satu buku! Dengan harapan generasi muda dapat mengejar ketertinggalan dalam literasi.

Tags : Penulis SastraUndangan Festival Sastra
Heri

The author Heri

Leave a Response