close
Foto Togu by Samot

Lahir di Silulu, Simalungun, Sumatera Utara pada 26 November 1976. Ia seorang aktivis lingkungan dan pegiat literasi. Lulusan Biologi dari Fakultas Universitas Nasional Jakarta (1994-1999) ini menjadi relawan di Yayasan Orangutan Indonesia di Kalimantan pada 2002, yang memberinya kesempatan sekolah di Oxford Brookes University Inggris jurusan Konservasi Primat.

Setelah masa itu ia pulang kampung dan mendirikan Alusi Tao Toba, yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan lingkungan hidup untuk kelestarian Danau Toba.  Dalam mewujudkan kapal belajar Alusi Tao Toba ia menggalang dana dengan cara berenang sejauh 9 kilometer dan 15 kilometer di Danau Toba. Dan untuk mewujudkan dana operasional Rumah Belajar-nya, ia melakukan menggalang dana dengan berjalan kaki sejauh 305,65 kilometer, melewati tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba.

Kerja keras dan kepeduliannya mendapat perhatian dan dukungan masyarakat dan memberinya beberapa penghargaan di antaranya  Nominator Liputan 6 Award SCTV sebagai Kategori Lingkungan Hidup tahun 2012, Nugra Jasadarma Pustakaloka Kategori Masyarakat dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tahun 2015, Kick Andy Heroes pada 2019.

Baru-baru ini ia mendapat Penghargaan Pegiat Literasi 2020 dari Balai Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan alasan hidup yang yang terus berdampak. Terakhir dia mendirikan Rumah Langit, rumah singgah bagi orang dengan gangguan jiwa di kota Pematangsiantar dengan seruan Bergembira di Jalan Sunyi.

Di Festival ini ia akan berbagi pengalaman dan semangatnya dalam Bincang-Bincang pada 28 November 2020, pukul 14.00-15.00 WIB. Sila mendaftar di bit.ly/sapakristiani2020 untuk mengikuti acara.

Foto oleh Samot Stefanus Hutagaol

Tags : Festival Sastra & Rupa Kristiani 2020sapakristianisastra&rupas
Ita Siregar

The author Ita Siregar

Leave a Response