close
Foto Nova Manullang

Lahir di Medan pada 13 November 1986. Ia anak pertama dari tiga bersaudara. Lulus dari Universitas Negeri Medan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, ia menjadi kakak dan guru bagi adik-adik yang datang ke Rumah Pintar (Rumpin) Ompu Anggiat Mual Hapistaran desa Rahutbosi Pangaribuan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Ia bergabung di Rumpin sejak berdirinya, yaitu tahun 2012. Kegiatannya antara lain memberi pelajaran tambahan seperti matematika, bahasa Inggris, computer, dan mendongeng di Kelas Ceria (seperti PAUD), selain memperkenalkan teknologi, memanfaatkan sampah dan pekarangan atau kebun. Sesekali Rumpin bekerja sama bidan desa dan penyuluh lapangan keluarga berencana untuk membina lansia, keluarga muda dan remaja. Hampir setiap minggu ia membawa buku untuk berkeliling ke dusun atau desa lain untuk belajar bersama.

Cita-cita masa kecilnya menjadi pembaca berita. Tetapi guru desa menariknya lebih kuat. Ia senang berada di sekitar anak-anak dan kelucuan mereka. Ia ingin setiap desa punya semacam rumpin karena sekolah dirasanya kaku dan bukan lagi menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi anak. Anak dituntut mencapai nilai bagus.

Koleksi buku di rumpin macam-macam. Novel, buku pelajaran, ensiklopedia, buku cerita, buku rohani anak dan dewasa, majalah, buku pertanian dan perikanan. Kebanyakan buku disumbang dari pengurus yayasan sekolah anak-anak, dari BPK Gunung Mulia, dari teman-treman kuliahnya dulu di Medan, dari perantau asal desa Rahutbosi.

Rumpin dikunjungi sekitar 20 anak tiap hari. Tidak serentak. Mereka datang dan pergi. Sebelum pandemi lebih banyak yang datang. Rumpin buka dari pagi sampai malam, yang lebih sering datang remaja. Ia tinggal di Rumpin bersama staf lain di sana.

Di Festival ini, ia akan berbagi pengalaman bersama pegiat literasi Sekar Chamdi dan pencinta buku Isye Huliselan, pada kegiatan Taman Buku yang Kita Cinta pada 13 Februari 2021 pukul 15.00 WIB melalui Zoom dan live di Youtube.

Untuk bergabung di Zoom, masukkan kode: 821 3847 4904 dan sandi masuk: sapa21 atau klikhttps://us02web.zoom.us/j/82138474904?pwd=VkNPcy9ja2hjOWkyeHFRV1dHQ3kxQT09

 

Tags : Festival Sastra & Rupa Kristiani 2020-2021Nova Manullang
Ita Siregar

The author Ita Siregar

Leave a Response