close
Melani-Setiawan

Adalah seorang dokter spesialis ultrasonografi (USG). Ia pemerhati seni yang mendukung kegiatan seniman muda. Ia banyak terlibat dalam kegiatan performance art dan perhelatan seni kontemporer di Indonesia.

Mulai akhir tahun 1970-an hingga sekarang, ia membidik secara langsung foto-foto saat ia ke berbagai pameran seni rupa, kunjungan ke studio dan sosialisasi ke keluarga seniman, kegiatan seni rupa seperti Biennale, art fair dan peristiwa budaya lain, baik di dalam dan luar negeri. Foto-foto tersebut ia kumpulkan dan mencapai 100.000 buah. Ia sedang mempersiapkan penerbitan dari arsip fotografinya dalam buku yang diberi judul Dunia Seni Rupa Indonesia. Penerbitan itu didukung oleh University of Melbourne.

Berkat kontribusi dan perhatian khususnya terhadap para seniman, ia dijuluki Ibu Perupa Indonesia. Ia dianggap telah memberikan inspirasi dan apresiasi yang unik dan menjadi catatan sejarah perjalanan seni rupa kontemporer Indonesia.

Di Festival ini, ia akan berbagi pengalamannya dalam dunia seni rupa dalam pembincangan Perempuan & Galeri, bersama Veronica Larasati dari VIP Fine Arts, Christiana Gouw dari CG Artspace & Rumah Miring, yang dimoderatori oleh Yuanita Sawitri dari Puri Art Gallery, pada 20 Februari 2021 pukul 15.00 WIB melalui Zoom dan Youtube.

Tags : Festival SaPa Kristiani 2020-2021Melani Setiawan
Ita Siregar

The author Ita Siregar

Leave a Response